Jumat, 01 Februari 2013

Persiapan Panitia Pernikahan

Persiapan Panitia Pernikahan

Panitia pernikahan adalah struktur yang dibuat untuk menjalankan acara pernikahan yang akan anda lakukan, baik susunan acara, pembentukan pembagian tugas acara, pemilihan sie-sie untuk menjalankan agenda acara yang disusun nantinya, sehingga memudahkan atau nantinya membuat lancarnya acara pernikahan anda.
Cara pembentukan panitia pernikahan yang baik adalah dengan cara memilih saudara atau keluarga dekat atau bisa juga sesepuh/tetua yang anda anggap bisa mengendalikan acara dan anda anggap mampu untuk menghandel acara pernikahan anda pada nantinya. Selain itu cara memilih orang sebagai salah satu panitia hendaknya juga melihat apakah orang itu dulunya pernah menjadi panitia pernikahan sebelum anda, kelebihannya adalah orang tersebut dapat menuangkan saran-saran dan ide di dalam pernikahan anda.
Merekrut keluarga dan teman dekat untuk menjadi panitia mempunyai kelebihan tersendiri yaitu menghemat biaya dan menambah eratnya kekeluargaan. Ini dibandingkan anda menggunakan W.O anda harus mengeluarkan biaya yang lebih tentunya.
Pentingnya Susunan Panitia Pernikahan yang baik merupakan tombak jalannya acara pernikahan anda pada nantinya. Peran panitia adalah merupakan struktur yang akan menjalankan gambaran acara anda, jadi tunjuklah anggota panitia anda yang anda pandang atau anda lihat bijak dan mudah berkomunikasi antar anggota. Peran saling berkomunikasi mempunyai peran sangat tinggi karena sebuah struktur akan saling berhubungan dan berperan dalam sebuah acara nantinya, sehingga jika terjadi kendala sekecilpun sudah dapat dikoordinasi dengan cepat.

berikut susunan panitia pernikahan yang baik :

Terdapat Ketua Panitia Pernikahan
Dalam memilih ketua, hendaknya anda memilih orang yang bijak, supel dan mudah berkomunikasi, sehingga selalu bisa menempatkan masalah dengan cepat dan bijaksana. Biasanya dalam ketua panitia pernikahan orang yang dipilih adalah Orang yang dituakan di sekitar anda, dan usahakan laki-laki karena mempunyai jiwa yang tegas.

Wakil Ketua Panitia
Dalam memilih wakil ketua panitia, kurang lebih sama dengan memilih ketua, hanya dipertimbangkan jika sewaktu-waktu ketua panitia berhalangan di saat acara berlangsung atau pada saat penyusunan acara berhalangan hadir.

Sekretaris Panitia Pernikahan
Dalam memilih sekretaris pernikahan yang perlu diperhatikan adalah pilihlah orang yang pernah berpendidikan, sekolah atau kuliah, dan perhatikan kelonggaran waktu orang tersebut, karena nantinya sekretaris ini akan mengemban jabatan untuk merekap undangan pernikahan anda, dan menulis agenda2 catatan acara anda dengan baik dan mudah dimengerti semua anggota. Jika perlu orang tersebut mempunyai perangkat pendulung seperti komputer dan printer, karena akan sangat berperan.

Bendahara panitia Pernikahan
Karena masalah yang sangat penting biasanya ini selalu dipegang oleh calon yang akan menikah, boleh salah satu. Ingat dana pernikahan anda adalah anda yang pegang dan bukan orang lain karena dana pernikahan memegang peranan yang sangat penting karena menghindari resiko nantinya. Yang akan menyelenggarakan acara anda, maka anda juga yang mendanainya, :)

Seksi Akomodasi panitia Pernikahan
Seksi akomodasi adalah orang yang mempersiapkan segala hal akomodasi dari gedung/tempat pernikahan dan perlengkapanya, ini membutuhkan orang yang bertipe mobilitas tinggi karena orang yang menjabat seksi ini akan dipastikan super sibuk untuk persiapan.

M.C Pernikahan
Pilihlah M.C yang benar-benar bisa menghandel acara pernikahan anda, sehingga acara anda semakin berkesan dan tidak terkesan kaku nantinya, jika anda ingin menggunakan kerabat/keluarga anda maka, pilihlah orang yang sudah berpengalaman. Jika perlu menyewa M.C untuk acara pernikahan anda, karena jiwa dalam acara pernikahan adalah M.C yang menghandel nantinya.

Dokumentasi panitia Pernikahan
Pernikahan adalah acara yang sakral yang hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Jika anda memang ingin dokumentasi anda biasa-biasa saja maka serahkan saja pada kerabat yang mempunyai kamera dan sering berkecimpung dalam potret memotret. Jika anda ingin dokumentasi yang lebih istimewa maka anda harus menggunakan jasa photograper profesional di bidang pernikahan, setidaknya 3 bulan sebelum acara pernikahan anda, anda harus sudah menghubungi jasa tersebut.

Seksi transportasi
Seksi transportasi adalah orang yang mempunyai jabatan penting, transportasi terdapat berbagai macam, antara lain dalam perlengkapan dan acara, masukkanlah orang yang bertanggung jawab dalam hal transport pada saat perlengkapan, dan double pada saat acara pernikahan, dan pastikan kendaraan fit dan ter cek dari kondisi mesin dan bahan bakar, jangan lupa untuk memberikan anggaran untuk membeli bahan bakar kepada sie transportasi ini.

Seksi Koordinator lapangan
Peranan koordinator lapangan berfungsi sebagai chek all segala kematangan perlengkapan lokasi acara anda, orang ini harus fleksibel karna akan menanyakan kematangan dari sie perlengkapan dan tempat, harus bisa cekatan untuk membantu mengangani kendala sie tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar